Serba Serbi Sugarlive

aplikasi karya anak bangsa
Ilustrasi Aplikasi

Serba-serbi Sugarlive! Di zaman sekarang ini, teknologi sudah banyak mempengaruhi kehidupan. Tidak saja dalam fashion, kebudayaan, tapi juga cara berkomunikasi dan bersosialisasi dengan sesama. Hal ini terbukti dengan adanya berbagai macam media sosial yang dipergunakan untuk saling mengenal satu sama lain, tanpa harus bertatap wajah langsung. Sehingga rasanya semua orang di zaman millenial ini tidak asing dengan yang namanya live streaming.

Di Indonesia sendiri, aplikasi yang satu ini memiliki banyak peminat. Tidak hanya kalangan orang dewasa saja, tapi peara pemuda dan anak-anak pun ikut andil sebagai peminatnya. Hal tersebut dikarenakan, aplikasi ini tidak hanya sebagai sarana komunikasi saja, tapi juga sebagai hiburan. Di beberapa negara Asia, live streaming sudah menjadi aplikasi yang berkembang cukup pesat dalam beberapa tahun terakhir ini. Bahkan, mereka pun sudah mengembangan fitur-fitur untuk lebih menunjang kenyamanan para penggunanya.

Tak kalah beberapa negara Asia, seperti Jepang, Korea dan China, Indonesia pun sudah memiliki aplikasi live streaming karya anak-anak Indonesia yang diharapkan akan menjadi platform live broadcast yang memahami konsumen, utamanya para generasi muda. Aplikasi ini sudah diresmikan pada 9 Januari 2019 dengan tujuan sebagai sarana pemenuh kebutuhan komunikasi dan interaksi generasi millenial, sekaligus menjadi media sosial khusus bagi mereka. Maka dari itu, aplikasi ini diharapkan bisa memberikan dukungan penuh kepada content creator lokal untuk menciptakan konten kreatif yang informatif, menghibur dan edukatif.

Aplikasi yang satu ini sukses mengharumkan nama Indonesia di dunia internasional, dengan memberikan ruang exposure yang lebih luas untuk budaya, kesenian, pariwisata agar lebih terkenal di mata dunia. Seorang Managing Director-nya pun menginginkan live streaming seperti youtube. Sehingga cakupannya luas dan bisa memberikan ruang kepada masyarakat yang menggunakan untuk bisa melestarikan atau memperkenalkan kebudayaan Indonesia. Setidaknya, agar generasi sekarang tahu, bahwa Indonesia mempunyai kebudayaan yang sangat beragam dan unik.

Aplikasi ini diberi nama sugarlive. Pemberian nama pun tak lupa memiliki makna tersendiri. Seperti, kata sugar yang diambil dari bahasa Inggris dengan memiliki arti gula. Seperti yang kita tahu, gula sering kita temukan di mana pun dan banyak orang yang menyukainya dengan kadar masing-masing. Sehingga, aplikasi ini diharapkan disukai banyak orang dengan memberikan porsi yang pas, tidak kekurangan atau kelebihan, dan membuat industri kreatif Indonesia menjadi ‘enak’.

Tak hanya itu, ikon kelinci yang ada di di logo, memberikan makna yang sangat cantik. Dimana kelinci merupakan binatang lemah, tapi mempunyai telinga yang cukup lebar. Artinya, aplikasi buatan Indonesia ini meskipun masih lemah diantara aplikasi-aplikasi besar lainnya, tapi diharapkan lebih peka. Terutama peka terhadap konten lokal yang diminati masyarakat Indonesia. Warna dari logonya sendiri didominasi oleh warna ungu, yang memiliki makna jarang ditemui di alam semesta, karena merupakan perpaduan antara warna merah dan biru.

Aplikasi karya anak bangsa ini pun memiliki fitur-fitur yang berbeda dengan aplikasi lainnya. Aplikasi-aplikasi tersebut diharapkan bisa menjadi penarik bagi para penggunanya. Adapun fitur-fitur menarik yang ditawarkan adalah lucky draw, challenge, duet, komentar, polling/survey, multi camera-phone, face filter, apresiasi dan jualan. Fitur-fitur ini tentunya memberikan kemudahan tersendiri bagi para pengguna.

Nah, itulah sekilas tentang aplikasi live streaming buatan anak Indonesia. Dimulai dari nama, logo, dan fitur-fitur yang tersedia dan diharapkan berbeda dari aplikasi serupa lainnya. Mari, kita dukung apa yang telah dibuat oleh anak bangsa ini.