Khasiat Luar Biasa Gandum Bagi Tubuh

Gandum berperan penting dalam memberi nutrisi bagi banyak orang di seluruh dunia, dan gandum lebih populer dari tanaman “sereal” lainnya, seperti  jelai, oats, rye, dan jagung. Nutrisi pada gandum lebih banyak sebelum proses refining (pemurnian), maka untuk mendapat manfaat penuh dari gandum, pilihlah produk yang terbuat dari 100% gandum utuh.

Wheat germ atau benih gandum adalah inti dari benih gandum yang bernutrisi. Dua sendok makan benih gandum panggang mengandung 55 kalori, dengan lebih dari 15% AKG vitamin E, tiamin, zinc, dan fosfor, serta 10% AKG untuk folat dan magnesium, dan jumlah vitamin B lainnya yang bermanfaat, seperti zat besi, tembaga, potasium, dan mangan. Benih gandum juga mengandung 4 gram protein dan hampir 2 gram serat.

Manfaatnya Untuk Kesehatan

Menurunkan kadar kolesterol. Serat mudah larut yang ada pada gandum utuh dapat membantu menurunkan kadar kolesterol.

Menyehatkan sistem pencernaan. Serat tidak larut dalam gandum utuh membantu sistem pembuangan dan membantu mencegah sembelit.

Membantu menjaga berat badan sehat. Gandum utuh dipenuhi dengan serat, dan serat dapat membuat Anda kenyang. Anda bisa manfaatkan ini saat sedang diet.

Meningkatkan kesehatan jantung. Vitamin E yang terdapat pada benih gandum merupakan antioksidan kuat yang terkait dengan kesehatan jantung dan dapat memperkuat sistem imun tubuh. Lemak pada benih gandum (1,5 gram dalam 2 sendok makan) didominasi lemak tak jenuh ganda, yang dapat membantu menurunkan kadar kolesterol LDL saat menggantikan lemak jenuh dalam makanan. Benih gandum juga merupakan sumber sterol tanaman yang bisa membantu menurunkan kadar kolesterol.

Menjaga tekanan darah. Gandum itu sumber magnesium yang baik. Magnesium dapat bertindak sebagai anti inflamasi, penurun tekanan darah, penyeimbang kadar gula darah, dan dapat merileksasi otot.

Mencegah anemia. Gandum mempunyai tingkat zat besi tinggi, yang dapat digunakan untuk membuat protein hemoglobin dan myoglobin, kedua protein inilah yang membantu membawa dan menyimpan oksigen ke dalam tubuh. Zat besi juga bisa membantu mencegah anemia.

Risikonya Terhadap Kesehatan

Gula darah. Gandum yang telah melewati proses refining dapat memicu naiknya kadar gula dalam darah dan dapat menyebabkan insulin resistance, keduanya berkaitan dengan obesitas, hipertensi, kadar trigliserida tinggi, diabetes tipe 2, dan kondisi kesehatan kronis lainnya.

Alergi. Banyak orang bingung mengenai hubungan antara alergi gandum, intoleransi gluten, dan penyakit celiac kronis. Yang jelas, ketiganya merupakan kondisi yang berbeda. Alergi gandum adalah reaksi alergi terhadap protein yang ada dalam gandum. Sedangkan intoleransi gluten dan penyakit celiac disebabkan oleh gluten yang ada pada gandum atau makanan lainnya. Ketiga kondisi ini dapat menyebabkan gejala ringan, sedang, dan parah. Tindakan terbaik jika Anda mempunyai ketiga kondisi ini adalah dengan menghindari produk gandum apapun.